Cari Blog Ini

Breaking News

Kontingen Lasqi Lombok Barat Terbanyak dan Mempesona

 

Sumbawa NTB, Jejakfaktanews.com - Kontingen Lasqi (Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia) Kabupaten Lombok Barat menjadi peserta terbanyak dalam Pawai Defile Lasqi Tingkat Proponsi NTB yang diselenggarakan di Sumbawa, Rabu (02/08/2023). Dalam Pawai Defile yang diikuti oleh perwakilan semua Kabupaten/Kota di NTB ini, Kafilah Lombok Barat berkekuatan 61 orang Kafilah dan 500 pendukung. 

Dalam Pawai Defile ini para peserta pawai defile dari seluruh Kabupaten/Kota start dari depan pendopo Bupati Sumbawa dan berjalan melalui jalan utama Sumbawa serta finish di lapangan Kantor Bupati Sumbawa yang sekaligus menjadi panggung kehormatan. 

Dalam pawai ini kontingen Lobar yang berkekuatan 561 orang ini kompak menggunakan baju adat sasak. Selain itu dalam atraksi yang ditampillan di depan panggunh kehormatan, kontingen Lobar menampilkan proses adat begawe beleq yang disertai dengan sejumlah tarian adat. Penampilan atraksi kontingen Lobar ini sangat mempesona tamu undangan di panggung utama  dan masyarakat sumbawa. Mereka memberikan tepuk tangan dan jempol saat kontingen lobar tampil di depan panggung kehormatan. 

Kadis Kominfotik Kabupaten Lombok Barat, Ahad Legiarto mengatakan kontingen Lombok Barat sangat antusiasi dan semangat mengikuti Festival Qasidah ini karena dapat melestarikan seni religi qasidah yang saat ini mulai ditinggalkan. Ia mengatakan hal ini sebagai salah satu upaya untuk ikut melestarikan dan mempopulerkan kembalj budaya dan seni religi yang ada di Indonesia. "Ini bentuk dukungan Lombok Barat dalam melestarikan seni dan budaya religi yang mulai ditinggalkan. Semoga kedepannya dapat memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara kita" ujarnya. 

Ahad Legiarto juga menyampaikan bahwa banyaknya kontingen Lobar dalam festival Qasidah 2023 ini sebagai wujud kekompakan berbagai pihak di Lobar dalam membawa nama baik Lombok Barat di festival qasidah 2023 di Kabupaten Sumbawa. Hal ini juga sebagai implementasi dan hasil dari semangat  kolaborasi dan kebersamaan yang digaungkan selama ini oleh Pemerintah Daerah. Ahad lebih lanjut mengatakan bahwa tamu undangan dan masyarakat Sumbawa sangat mengapresiasi kehadiran kontingen Lombok Barat dengan kekuatan penuh. Hal ini menjadikan Lombok Barat sebagai Kontingen dengan jumlah peserta terbanyak dalam pawai defile. "Tentu ini wujud dari semangat kolaborasi dan kebersamaan yang selama ini di gaungkan oleh Pemda Lombok Barat. Alhmdulillah kita bisa menunjukan kontingen Lobar sebagai kontongen terbanyak, kompak dan mempesona" ujarnya. 

Dalam pawai defile ini, Kontingen Lombok Barat dipimpin langsung oleh Asisten I Setda Lombok Barat Drs Agus Gunawan. Dalam defile ini juga nampak sejumlah kepala OPD Pemkab Lombok Barat. Sementara itu di panggung kehormatan nampak Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah, Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, M.Pd, Ketua DPW Lasqi NTB Hj. Niken Zulkiflimansyah, ketua DPD Lasqi Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid bersama ketua DPD Lasqi Kabupaten/Kota lain di NTB dan tamu undangan lainnya.

(Jejakfaktanews.com/Red) 

0 Komentar




 



Advertisement

Type and hit Enter to search

Close